Rabu, 08 Mei 2019

TERUSLAH MEMINTA dan MEMOHON HANYA KEPADANYA

 

Saudara dan Saudariku seiman..

Beberapa hari atau  beberapa bulan yang lalu kita berdoa kepada Allah agar kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan, karena kita tau dengan pasti, bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan keberkahan. 

Saat ini doa itu telah dikabulkan oleh Allah, kita telah bertemu dengan bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Setelah kita bertemu dengannya, apakah kita berhenti memohon dan berdoa kepada Allah ? Jawabannya tentunya tidak.  Kita perlu meminta kepadaNya taufiq dan pertolongan untuk bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik baiknya, kita minta kepadaNya agar kita diberikan kemudahan dalam beramal sholeh, kemudahan untuk meninggalkan maksiat.

Hendaknya kita ingat, kita ini manusia yang lemah, yang tidak bisa melakukan apa-apa kecuali dengan pertolongan dari Allah. Diantara dzikir yang kita baca ;

لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلا بِاللَّهِ

"Tidaka ada daya dan kekuatan melaikan dengan pertolongan Allah".

Mari kita bersimpuh dan memelas kepadaNya untuk memohon pertolongan agar kita bisa meningkatkan ibadah di dalam bulan yang mulia ini, sehingga kita benar benar menjadi orang yang bertaqwa.

Ya Allah tolonglah kami untuk senantiasa berdzikir kepadaMu, dan bersyukur kepadaMu, dan memperbaikan amal sholeh yang kami persembahkan hanya untukMu.


BEBERAPA MACAM IBADAH DI WAKTU SAHUR ⏰🕰


Salah satu hal yang disunnahkan saat kita berpuasa adalah makan sahur. 

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” [HR. Bukhari  dan Muslim ].

Waktu utama untuk makan sahur adalah diakhirkan. 

💡Perlu diingat, waktu sahur merupakan waktu spesial untuk memperbanyak istighfar.

Allah azza wa jalla berfirman :

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Merekalah orang-orang yang penyabar, jujur, tunduk, rajin berinfak, dan rajin istighfar di waktu sahur.” [QS. Ali Imran: 17]

💡Waktu sahur juga waktu spesial untuk memperbanyak doa.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Pada setiap malam, Allah Ta’ala turun kelangit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir, Allah berfirman:’ Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan Siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan aku ampuni.” [HR. Bukhari 1145 dan Muslim 758].

💡Bagi yang sudah sholat tarawih dan witir berjama'ah di masjid, waktu sahur bisa juga untuk membaca alqur'an. 

Allah azza wa jalla berfirman :

اِنَّ نَاشِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْـًٔا وَّاَقْوَمُ قِيْلًاۗ

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. [QS.  Al Muzammil  : 6]




PUASA YANG BERMANFAAT

👉 Bukanlah makna ibadah puasa sekedar mencegah diri dari makan dan minum di waktu siang, kemudian di saat berbuka anda ingin memenuhi perut anda sampai kekenyangan (sebagai ganti makan siang, dsb). Sesungguhnya puasa yang bermanfaat yaitu puasa yang disaat berbuka seseorang tidak terlalu kenyang.

📚 [Mafàtìhu tadabburil Quràn wa Najàhi fil hayàti, halaman 83, karya Dr. Kholid bin Abdul Karìm al Laahim ]

💡Saudaraku dan saudariku seiman, marilah kita praktekkan nasehat diatas. Usahakan di saat berbuka puasa, tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan ataupun minuman, agar badan kita tidak menjadi berat, ngantuk dan malas. Terlebih lagi, apabila makanan yang kita konsumsi berlebihan dari kebutuhan kita, maka kita akan berat untuk melaksanakan sholat tarawih,  kita akan susah bangun di sepertiga malam terakhir untuk memperbanyak do'a dan istighfar atau membaca Al qur'an.

✏ Ustadz Budi Santoso, Lc,M.Pd حفظه الله تعالى
_

sumber: Group WA Suara Al Iman Surabaya

Tidak ada komentar: