Kamis, 02 Mei 2019

NIKMAT ALLAH TAK DISYUKURI



Allah berfirman : 

إِنَّ الْإِنسَانَ لِرَبِّهِ لَكَنُودٌ 

"Sesungguhnya manusia sangat tidak berterima kasih (tidak bersyukur) kepada TuhanNya". [QS. Al Adiyat : 6]

🌿 Hasan Al Basri -rahimahullah- ketika menjelaskan ayat diatas, beliau berkata :

قال: هو الكفور الذي يعد المصائب, وينسى نعم ربه.

Yaitu seseorang yang diingat itu hanya musibah-musibah yang terjadi (dalam hidupnya) dan dia melupakan kenikmatan-kenikmatan yang diberikan Allah.

[http://quran.ksu.edu.sa/tafseer/tabary/sura100-aya6.html]


• Disaat kita DIUJI DENGAN SAKIT, maka kita terkadang lupa, bahwasannya SELAMA INI ALLAH MEMBERIKAN NIKMAT SEHAT KEPADA KITA. 

• Disaat kita DIUJI HIDUP DENGAN EKONOMI PAS-PASAN, bisnis kita rugi, dagangan kita tidak laku, maka terkadang kita lupa, bahwasannya SELAMA INI KITA MASIH DIBERIKAN KECUKUPAN. 

🍃 Oleh sebab itu, disaat kita mendapatkan musibah/ujian, BANDINGKAN MUSIBAH TERSEBUT DENGAN NIKMAT YANG SELAMA INI ALLAH BERIKAN KEPADA KITA, pasti kita dapatkan musibah tersebut tidak ada apa-apanya.

🍃 Apabila kita mau merenung, musibah/ujian yang terjadi dalam kehidupan kita, itu semua merupakan karunia dari Allah. Karena dengan musibah tersebut, APABILA KITA BERSABAR, MAKA BISA MENGHAPUS DOSA-DOSA KITA, DENGAN MUSIBAH KITA JADI INGAT BAHWASANNYA KEHIDUPAN YANG HAKIKI DAN KEHIDUPAN YANG PENUH KENIKMATAN HANYA KEHIDUPAN AKHERAT. 

______
✒ Akhukum Fillah Ustadz Budi Santoso bin Suradi, Lc. حفظه الله تعالى
sumber:
📩 Group WA Suara Al-Iman

---
admin:
Semoga Allah tolong kita sehingga kita dimudahkan untuk Ingat kepada-Nya, Bersyukur kepada-Nya, dan beribadah sebaik-baiknya kepada-Nya. Aamiin.


baca juga:
JANGAN BERHARAP KEPADA MANUASIA ...

Tidak ada komentar: