Generasi
as-salafush shalih mereka adalah orang-orang yang mengetahui betapa
berharganya bulan yang penuh barakah ini, mereka melewati bulan tersebut
dengan penuh keseriusan dan bersungguh-sungguh untuk melakukan amal
shalih dengan mengharapkan ridha Allah dan mengharap ganjaran-Nya. Telah
tetap bahwasanya mereka dahulu berdo’a kepada Allah selama 6 bulan agar
Allah menyampaikan mereka kembali kepada Ramadhan kemudian mereka juga
berdo’a kepada-Nya selama 6 bulan agar Dia menerima amalan-amalan
mereka.
Abdul Aziz bin Abi Daud berkata : “Aku mendapati mereka
bersungguh-sungguh dalam beramal shalih. Ketika mereka telah
melakukannya, mereka pun ditimpa kekhawatiran, apakah amalan mereka
diterima atau tidak.”
Maka kemarilah wahai saudaraku yang mulia! Kita lihat sebagian keadaan
para salaf ketika bulan Ramadhan dan bagaimana semangat, keinginan yang
kuat, dan kesungguhan mereka dalam beribadah agar kita bisa berupaya
meneladaninya, dan agar kita termasuk orang yang mengerti kedudukan
bulan Ramadhan ini sehingga kita pun mau serius beramal shalih padanya.
Pertama : ’Ulama Salaf dan Membaca Al-Quran.
Ibnu Rajab bekata: Dalam hadits Fathimah radhiyallahu ‘anha dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwasanya beliau mengabarkan kepadanya:
أنّ جبريل عليه السلام كان يعارضه القرآن كل عام مرةً وأنّه عارضه في عام وفاته مرتين
Sesungguhnya
Jibril ‘alaihissalam menyimak Al-Qur’an yang dibacakan Nabi sekali pada
setiap tahunnya, dan pada tahun wafatnya Nabi, Jibril menyimaknya dua
kali. (Muttafaqun ‘Alaihi)
Dan dalam hadits Ibnu Abbas:
أنّ المدارسة بينه وبين جبريل كانت ليلاً
Bahwasanya pengkajian terhadap Al-Qur’an antara beliau dengan Jibril terjadi pada malam bulan Ramadhan. (Muttafaqun ‘Alaihi).
Hadits ini menunjukkan disunnahkannya memperbanyak membaca Al-Quran
pada malam bulan Ramadhan, karena waktu malam terputus segala kesibukan,
terkumpul pada malam itu berbagai harapan, hati dan lisan pada malam
bisa berpadau untuk bertaddabur, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman
إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْءاً وَأَقْوَمُ قِيلاً
Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (Al-Muzammil: 6)
Bulan Ramadhan mempunyai kekhususan tersendiri dengan (diturunkannya) Al-Qur’an, sebagaimana Allah ta’ala berfirman
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
Bulan
Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran
sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai
petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Al-Baqarah: 185) Latha’iful Ma’arif hal. 315.
Oleh kerena itulah para ’ulama salaf rahimahumullah sangat bersemangat untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an pada bulan Ramadhan, sebagaimana yang dijelaskan dalam Siyar A’lamin Nubala’, di antaranya:
- Dahulu Al-Aswad bin Yazid mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan setiap dua malam, beliau tidur antara Magrib dan Isya’. Sedangkan pada selain bulan Ramadhan beliau mengkhatamkan Al Qur’an selama 6 hari.
- Al-Imam Malik bin Anas jika memasuki bulan Ramadhan beliau meninggalkan pelajaran hadits dan majelis ahlul ilmi, dan beliau mengkonsentrasikan kepada membaca Al Qur’an dari mushaf.
- Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri jika datang bulan Ramadhan beliau meninggalkan manusia dan mengkonsentrasikan diri untuk membaca Al Qur’an.
- Said bin Zubair mengkhatamkan Al-Qur’an pada setiap 2 malam.
- Zabid Al-Yami jika datang bulan Ramadhan beliau menghadirkan mushaf dan murid-muridnya berkumpul di sekitarnya.
- Al-Walid bin Abdil Malik mengkhatamkan Al-Qur’an setiap 3 malam sekali, dan mengkhatamkannya sebanyak 17 kali selama bulan Ramadhan.
- Abu ‘Awanah berkata : Aku menyaksikan Qatadah mempelajari Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.
- Qatadah mengkhatamkan Al-Qur’an pada hari-hari biasa selama 7 hari, jika datang bulan Ramadhan beliau mengkhatamkannya selama 3 hari, dan pada 10 terakhir Ramadhan beliau mengkhatamkannya pada setiap malam.
- Rabi’ bin Sulaiman berkata: Dahulu Al-Imam Syafi’i mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan sebanyak 60 kali, dan pada setiap bulannya (selain Ramadhan) sebanyak 30 kali.
- Waki’ bin Al-Jarrah membaca Al-Quran pada malam bulan Ramadhan serta mengkhatamkannya ketika itu juga dan ditambah sepertiga dari Al Qur’an, shalat 12 rakaat pada waktu dhuha, dan shalat sunnah sejak ba’da zhuhur hingga ashar.
- Al-Imam Muhammad bin Ismail Al-Bukhari mengkhatamkan Al Qur’an pada siang bulan Ramadhan setiap harinya dan setelah melakukan shalat tarawih beliau mengkhatamkannya setiap 3 malam sekali.
- Al-Qasim bin ‘Ali berkata menceritakan ayahnya Ibnu ‘Asakir (pengarang kitab Tarikh Dimasyqi): Beliau adalah seorang yang sangat rajin melakukan shalat berjama’ah dan rajin membaca Al-Qur’an, beliau mengkhatamkannya setiap Jum’at, dan mengkhatamkannya setiap hari pada bulan Ramadhan serta beri’tikaf di menara timur.
Faidah
Ibnu Rajab Al Hanbali berkata: Bahwasanya larangan mengkhatamkan
Al-Quran kurang dari tiga hari itu adalah apabila dilakukan secara terus
menerus. Adapun pada waktu-waktu yang terdapat keutamaan padanya
seperti bulan Ramadhan terutama pada malam-malam yang dicari/diburu
padanya lailatul qadr atau pada
tempat-tempat yang memiliki keutamaan seperti Makkah bagi siapa saja
yang memasukinya selain penduduk negeri itu, maka disukainya untuk
memperbanyak membaca Al-Qur’an, dalam rangka memanfaatkan (keutamaan)
waktu dan tempat tersebut. Ini adalah pendapat Ahmad, Ishaq, dan
selainnya dari kalangan ulama’ . (Latha’iful Ma’arif).
Kedua : ’Ulama Salaf dan shalat malam (tarawih).
Shalat tarawih ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih, perniagaan
kaum mu’minin, dan amalannya orang-orang yang meraih kemenangan. Pada
waktu malam orang-orang yang beriman menyendiri dengan Rabbnya,
menghadap kepada Penciptanya, mengadukan keadaan mereka seraya memohon
kepada-Nya keutamaan-Nya. Jiwa-jiwa mereka berada di antara kedua tangan
Pencitanya, beri’tikaf untuk bermunajat kepada Penciptanya. Mereka
berupaya mendapat percikan cahaya dari ibadah tersebut, berharap dan
bersimpuh diri atas adanya berbagai pemberian dan karunia (dari
Rabbnya).
- Al-Hasan Al-Bashri berkata : Aku tidak mendapati suatu ibadah pun yang lebih besar nilainya daripada shalat pada pertengahan malam.
- Abu ’Utsman An-Nahdi berkata: Aku bertamu kepada Abu Hurairah selama 7 hari, maka beliau, istri dan pembantunya membagi malam menjadi 3 bagian, yang satu shalat ini kemudian membangunkan yang lainnya.
- Dahulu Syaddad bin Aus jika beranjak untuk beristirahat di ranjangnya, kondisinya bagaikan biji yang berada di atas penggorengan (yakni tidak tenang) kemudian berdoa : Ya Allah! Sesungguhnya Jahannam (terus mengancam)! Jangan Engkau biarkan aku tidur. Maka beliau pun bangun dan langsung menuju tempat shalatnya.
- Dahulu Thawus melompat dari atas tempat tidurnya kemudian langsung bersuci dan menghadap qiblat (melakukan shalat) hingga datang waktu shubuh dan berkata : Mengingat Jahannam akan menghentikan tidurnya para ahli ibadah.
- Dari As-Saib bin Yazid dia berkata: Umar bin Al Khaththab radhiyallahu ‘anhu memerintahkan Ubay bin Ka’ab dan Tamim Ad-Dari radhiyallahu ‘anhumamengimami manusia pada malam Ramadhan (dalam shalat tarawih). Kemudian sang imam membaca 200 ayat, hingga kami bersandar kepada tongkat-tongkat karena lamanya berdiri, tidaklah kami selesai dari shalat kecuali telah mendekati waktu shubuh. (HR. Al-Baihaqi).
- Dari Malik bin ’Abdillah bin Abi Bakr, dia bekata : Aku mendengar ayahku berkata: Dahulu kami selesai dari shalat malam pada bulan Ramadhan, kami pun bersegera mempersiapkan makan karena takut datangnya waktu shubuh. (HR. Malik dalam Al Muwaththa’).
- Dari Dawud bin Al-Hushain, dari ‘Abdurrahman bin Hurmuz, dia berkata: Para qari’ (para imam tarawih) dahulu membaca surat Al-Baqarah dalam delapan raka’at. Maka ketika para qari’ (para imam tarawih) membacanya dalam 12 raka’at, orang-orang melihat bahwa para imam tersebut telah meringankan bacaan untuk mereka. (HR. Al Baihaqi)
- Nafi’ berkata: Dahulu Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma tinggal di rumahnya pada bulan Ramadhan. Ketika orang-orang telah pergi dari masjid, beliau mengambil sebuah wadah yang berisi air kemudian keluar menuju masjid Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu beliau tidak keluar dari masjid sampai tiba waktu shalat shubuh di masjid tersebut. (HR. Al Baihaqi)
- Dari Nafi’ bin ‘Umar bin Abdillah, dia berkata: aku mendengar Ibnu Abi Mulaikah berkata: Dahulu aku pernah mengimami manusia pada bulan Ramadhan, aku membaca pada suatu raka’at surat Alhamdulillahi Fathir (surat Fathir) dan yang semisalnya. Tidak sampai kepadaku bahwa ada seorang pun yang merasa keberatan dengannya. (HR. Ibnu Abi Syaibah)
- Dari ‘Imran bin Hudair, dia berkata: Dahulu Abu Mijlaz tinggal di sebuah perkampungan, pada bulan Ramadhan, beliau mengkhatamkan Al-Qur’an setiap tujuh hari. (HR. Ibnu Abi Syaibah)
- Dari Abdush Shamad, dia berkata: Abul Asyhab telah memberitakan kepadaku, dia berkata: Dahulu Abu Raja’ mengkhatamkan Al Qur’an ketika mengimami kami pada sholat malam bulan Ramadhan setiap sepuluh hari.
Sebab-sebab bathiniyah untuk seseorang bisa bangun malam ada empat perkara
Pertama:
Selamatnya hati dari hasad terhadap kaum muslimin, selamatnya hati dari
kebid’ahan dan sesuatu yang tidak bermanfaat dari perkara duniawi.
Kedua: Senantiasa hatinya terbiasa takut disertai dengan pendek angan-angan.
Ketiga: Mengetahui keutamaan shalat malam.
Keempat:
Ini adalah faktor pendorong yang paling mulia, yaitu cinta karena Allah
dan kuatnya iman bahwasanya dalam shalatnya tersebut tidaklah dia
berucap dengan satu huruf pun melainkan dia sedang bermunajat kepada
Rabbnya.
Ketiga : ‘Ulama Salaf dan sifat pemurah dan dermawan ketika menyambut bulan Ramadhan
1. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata:
كان
رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس بالخير، وكان أجود ما يكون في
شهر رمضان، إنّ جبريل عليه السلام كان يلقاه في كل سنة في رمضان حتى ينسلخ
فيعرض عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم القرآن، فإذا لقيه جبريل كان رسول
الله صلى الله عليه وسلم أجود بالخير من الريح المرسلة.
Dahulu
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling pemurah
dalam memberikan kebaikan, dan sifat pemurah beliau yang paling besar
adalah ketika Ramadhan. Sesungguhnya Jibril biasa berjumpa dengan
beliau, dan Jibril ‘alaihis salam senantiasa menjumpai beliau setiap
malam bulan Ramadhan sampai selesai (habis bulan Ramadhan), Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam membacakan padanya Al Qur’an. Ketika
berjumpa dengan Jibril’ alaihissalam, beliau sangat dermawan kepada
kebaikan daripada angin yang berhembus. (Muttafaqun ‘Alaihi)
Al-Muhallab
berkata: “Dalam hadits tersebut menunjukkan barakahnya beramal
kebajikan dan sebagian amalan kebajikan itu akan membuka dan membantu
untuk dikerjakannya bentuk amalan kebajikan yang lain. Tidakkah kamu
tahu bahwa barakahnya puasa, perjumpaan (Nabi) dengan Jibril, dan
dibacakannya Al-Qur’an kepadanya akan menambah kesungguhan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam beribadah dan bershadaqah sampai-sampai digambarkan lebih cepat daripada angin yang berhembus.”
Az-Zain
bin Al-Munayyir berkata: Yakni semua bentuk kebaikan beliau, baik
tatkala dalam kondisi fakir dan butuh maupun dalam kondisi kaya dan
berkecukupan merata lebih daripada meratanya air hujan menimpa bumi yang
dihembuskan angin.
Ibnu Rajab berkata : Asy-Syafi’i radhiyallahu ‘anhu berkata:
Yang paling dicintai bagi seseorang adalah semakin bertambah
kedermawanannya pada bulan Ramadhan dalam rangka meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,
dan karena kebutuhan manusia agar tercukupi keperluan-keperluan mereka,
serta agar mereka tersibukkan dengan ibadah puasa dan shalat dari
pekerjaan mereka.”
2- Adalah Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berpuasa
dan tidak berbuka kecuali bersama orang-orang miskin, namun jika
keluarganya menghalangi mereka darinya, maka ia tidak makan pada malam
itu. Jika ada seorang peminta datang kepada beliau dalam keadaan beliau
sedang makan, beliau mengambil bagiannya dan memberikan kepada si
peminta tersebut, beliau pun kembali dan keluarganya telah memakan apa
yang tersisa di mangkuk tempat makanan. Maka beliau berpuasa pada pagi
harinya dan tidak memakan sesuatu apapun.
3- Yunus bin Yazid berkata: Dahulu Al-Imam Ibnu Syihab rahimahullah jika memasuki bulan Ramadhan, beliau isi bulan tersebut dengan membaca Al-Quran dan memberi makan.
4- Adalah Hammad bin Abi Salamah rahimahullah memberi
jamuan berbuka pada bulan Ramadhan kepada 500 orang dan setelah ‘idul
fithri beliau memberi masing-masing mereka dengan 500 dirham.
Keempat : Sedikit Makan
- Ibrahim bin Abi Ayyub berkata : Dahulu Muhammad bin ‘Amr Al-Ghazy pada bulan Ramadhan makan hanya dua kali.
- Abul ‘Abbas Hasyim bin Al-Qasim berkata : Dahulu aku pernah di sisi Al-Muhtadi (salah satu khalifah Bani ‘Abbas) pada sore hari di bulan Ramadhan, kemudian aku berdiri untuk pergi, maka dia (Al Muhtadi) berkata: duduklah. Maka aku pun duduk, kemudian dia mengimami shalat. Setelah itu dia meminta untuk dihidangkan makanan, maka dihidangkanlah kepada dia satu nampan yang di dalamnya terdapat roti dan tempat yang yang berisi garam, minyak, dan cuka. Kemudian dia mengundangku untuk makan, maka aku pun makan layaknya orang yang menunggu hidangan makanan yang lain. Dia berkata: bukankah besok engkau masih berpuasa? Aku katakan: tentu. Dia berkata: makanlah dan cukupkan makanmu karena tidak ada makanan yang lain selain apa yang kamu lihat ini.
Kelima : Menjaga lisan, sedikit bicara, menjaga diri dari dusta
- Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda
من لم يدع قول الزور والعمل به فليس لله حاجةٌ في أن يدع طعامه وشرابه
Barangsiapa
yang tidak meninggalkan perkataan yang haram dan melakukan perbuatan
haram, maka Allah tidak butuh kepada jerih payahnya meninggalkan makan
dan minumnya. (HR. Al-Bukhari)
Al-Muhallab
berkata: Dalam hadits tersebut terdapat dalil bahwa hukum puasa itu
adalah menahan diri dari perbuatan keji dan perkataan dusta sebagaimana
dia menahan diri dari makan dan minum. Barangsiapa yang tidak menahan
dirinya dari perkara-perkara tersebut, maka sungguh hal itu akan
mengurangi nilai puasanya, menyebabkan murka Allah dan tidak diterimanya
puasa dia.
- Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
إذا أصبح أحدكم يوماً صائماً فلا يرفث ولا يجهل فإن امرؤٌ شاتمه أو قاتله فليقل: إني صائمٌ إني صائمٌ
Jika
pada suatu hari salah seorang dari kalian berpuasa, maka janganlah
berbuat keji ataupun bertindak jahil, jika ada seseorang yang mencelanya
atau memusuhinya, maka katakanlah: aku sedang berpuasa, aku sedang
berpuasa. (HR. Muslim)
Al-Maziri berkata -menjelaskan kalimat ‘aku sedang berpuasa’-:
mungkin juga yang dimaksud dengannya adalah dia mengajak bicara kepada
dirinya sendiri dalam rangka memperingatkan dari perbuatan mencela
ataupun bermusuhan.
- ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata :
ليس الصيام من الطعام والشراب وحده ولكنه من الكذب والباطل واللغو والحلف
Bukanlah
puasa itu sebatas menahan diri dari makan dan minum saja, akan tetapi
puasa itu menahan diri dari perkataan dusta, perbuatan bathil, sia-sia,
dan sumpah yang tidak ada gunanya. (HR. Ibnu Abi Syaibah)
- Dari ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, dia berkata :
إنّ الصيام ليس من الطعام والشراب ولكن من الكذب والباطل واللغو
Sesungguhnya
puasa itu tidaklah sebatas menahan diri dari makan dan minum saja, akan
tetapi puasa itu menahan diri dari perkataan dusta, perbuatan batil dan
sia-sia. (HR. Ibnu Abi Syaibah)
- Dari Thalq bin Qais, dia berkata: Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu berkata :
إذا صمت فتحفظ ما استطعت
Jika kamu berpuasa, maka jagalah dirimu semaksimal kemampuanmu.
Adalah Thalq ketika berpuasa, dia masuk rumahnya dan tidak pernah keluar kecuali untuk mengerjakan shalat. (HR. Ibnu Abi Syaibah)
- Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Jika kamu berpuasa, maka jagalah pendengaran, penglihatan, dan lisanmu dari berdusta dan jagalah dirimu dari perbuatan dosa, jangan menyakiti pembantu, wajib atas kamu untuk bersikap tenang, (terlebih) pada saat kamu berpuasa, jangan kamu jadikan hari berbukamu (tidak puasa) dengan hari berpuasamu sama. (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Kitab Ash-Shiyam Bab ‘Perkara yang diperintahkan kepada orang yang berpuasa berupa sedikit bicara dan menjaga diri dari berdusta’, II/422)
- Dan dari ‘Atha’, dia berkata: Aku mendengar Abu Hurairah berkata: Jika kamu berpuasa, maka janganlah bertindak jahil, dan jangan mencaci maki. Jika kamu diperlakukan jahil, maka katakanlah: aku sedang berpuasa. (HR. Abdurrazzaqdalam Al Mushannaf)
- Dan dari Mujahid, dia berkata: ada dua perangai yang barangsiapa menjaga diri darinya, puasanya akan selamat, yakni (1) ghibah, dan (2) berdusta. (HR. Ibnu Abi Syaibah)
- Dan dari Abul ‘Aliyah, dia berkata: Puasa itu akan bernilai ibadah selama pelakunya tidak berbuat ghibah. (HR. Ibnu Abi Syaibah)
Keadaan salaf terkait dengan waktu
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata
: Wahai anak Adam! Sesungguhnya kamu itu adalah seperti hari-hari, jika
satu hari telah pergi, maka telah hilanglah sebagian dari dirimu.
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah juga
berkata : Wahai anak Adam! Waktu siangmu adalah tamumu, maka berbuat
baiklah kepadanya, karena sesungguhnya jika kamu berbuat baik kepadanya,
dia akan pergi dengan memujimu, dan jika kamu bersikap jelek padanya,
maka dia akan pergi dalam keadaan mencelamu, demikian juga waktu
malammu.
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah juga
berkata : Dunia itu ada tiga hari: (1) Adapun kemarin, maka dia telah
pergi dengan amalan-amalan yang kamu lakukan padanya, (2) adapun besok,
mungkin saja kamu tidak akan menjumpainya lagi, (3) dan adapun hari ini,
maka ini untukmu, maka beramallah pada saat itu juga.
Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata:
Tidaklah aku menyesal terhadap sesuatu sebagaimana menyesalku ketika
pada hari yang matahari telah tenggelam sementara umurku berkurang
padahal amalanku tidak bertambah pada hari itu.
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:
Menyia-nyiakan waktu itu lebih buruk daripada kematian, karena
menyia-nyiakan waktu itu memutuskan kamu dari Allah dan negeri akhirat,
sementara kematian itu memutuskan kamu dari dunia dan penghuninya.
As-Suri bin Al-Muflis rahimahullah berkata: Jika kamu merasa sedih karena hartamu berkurang, maka menangislah karena berkurangnya umurmu.
Penutup
Kita memohon kepada Allah agar menyampaikan kita kapada Ramadhan, dan
agar Allah menerima amalan-amaln kita, puasa kita, shalat malam kita,
dan mudah-mudahan Allah membebaskan kita dari An Nar. Allahumma Amin.
وآخر
دعوانا أن الحمد لله رب العالمين وصلى الله على نبينا محمد صلى الله عليه
وسلم وعلى آله وأزواجه وصحبه ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين
sumber http://mahad-assalafy.com/2012/07/24/ramadhan-bersama-para-ulama-salaf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar